3.26.2012

FH 86 : MEMBUAT TAMPILAN BLOG MENJADI LEBIH PROFESIONAL

Tampilan standart (blog gratisan) blogspot.com memiliki ciri dan karakteristik khusus yang membedakannya dengan blog-blog wordpress atau blog-blog yang lainnya. Tampilan standart blogspot tersebut terasa kurang profesional bilamana dibandingkan dengan website-website atau situs-situs terkenal yang ada. Tampilan standart blogspot ini terkesan tidak up to date atau terkesan monoton. Untuk itu perlu sedikit sentuhan profesional untuk merubahnya agar dapat tampil lebih profesional dan dapat disejajarkan dengan situs atau website-website lainnya. Sentuhan profesional di sini maksudnya adalah menghilangkan kesan blog gratisan.

Banyak hal yang dapat dilakukan dalam rangka membuat tampilan blog menjadi lebih profesional, diantaranya adalah mengganti template standart dengan template-template blogger yang banyak tersedia di internet, mulai dari free template blogger hingga template yang berbayar. Semuanya ini bertujuan untuk menampilkan kesan profesional pada blog (blogspot.com) yang kita miliki.

Bilamana kita tetap ingin mempertahankan template blogger yang standart, kita masih dapat merubahnya agar tampil lebih profesional, diantaranya dengan beberapa cara berikut ini  :
  1. Menambah kode-kode html baik pada postingan maupun sidebar ataupun footer yang membuatnya tampil lebih profesional.
  2. Menambahkan tombol navigasi halaman untuk mengganti navigasi standart blog (blogspot) yang berupa posting lama, beranda dan posting baru.
  3. Menggunakan read-more otomatis sehingga halaman-halaman blog hanya menampilkan cuplikan-cuplikan artikel beserta gambar-gambar yang telah diperkecil ukurannya.
  4. Memasang navigasi breadcrumb yang bermanfaat untuk membantu Google-bot saat melakukan proses indexing dan crawler pada blog (blogspot) kita.
  5. Memasang navigasi permalink yang berguna untuk memaksimalkan inbound-link pada blog (blogspot) yang kita miliki.
  6. Memasang atribut admin blog yang terletak pada bagian bawah masing-masing postingan yang ada.
  7. Memasang tombol share, like facebook, twitter dan lain-lain yang memudahkan pengunjung (visitor) dalam memberikan respon terhadap masing-masing postingan blog.
  8. Menambahkan related-post di bagian bawah masing-masing postingan yang bermanfaat untuk membantu pengunjung (visitor) dalam berselancar (mengakses artikel-artikel yang berhubungan) di blog yang kita miliki.
  9. Memodifikasi kotak komentar agar tampil lebih bagus serta merangsang pengunjung (visitor) untuk memberikan respon (baca : komentar) terhadap masing-masing postingan blog yang ada.
  10. Jangan terlalu banyak memasang iklan pada blog kita, hal ini memberikan kesan komersial blog yang imagenya kurang bagus, pasanglah iklan secukupnya saja.
  11. Jangan sekali-kali membawa pengunjung (visitor) berputar-putar terlalu jauh saat mereka mencari informasi yang memang dibutuhkannya, misalkan : Untuk mencari satu informasi, setiap pengunjung (visitor) harus menuju ke sini, ke sini, ke sini dan ke sini  demikian seterusnya. Kondisi semacam ini menggambarkan kelemahan pemilik blog itu sendiri, kelemahan yang menunjukkan bahwa sebenarnya ia tidak pandai menulis atau membuat artikel bagus yang mampu untuk merangsang minat pengunjung (visitor).
  12. Sedapat mungkin sajikanlah sebuah Daftar Isi yang komunikatif, jelas dan sistematis pada blog anda.
  13. Sekedar tambahan saja, blog yang profesional tidak berarti sebuah blog yang sulit untuk diakses, melainkan berupa sebuah blog yang komunikatif, sistematis serta mudah dan ringan untuk diakses.
Demikianlah sedikit uraian perihal membuat tampilan blog menjadi lebih profesional, semoga bermanfaat, dan bilamana ada salah kata, kami mohon maaf.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Untuk Sahabat | Berbagi artikel

Terimakasih anda telah membaca artikel FH 86 : MEMBUAT TAMPILAN BLOG MENJADI LEBIH PROFESIONAL ini diposting oleh Unknown. Saya ucapkan juga terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Bermanfaat untuk anda.

:: Get this widget ! ::

1 komentar:

  1. Salam blogger mania, artikel inspirator yang mantap, memang tampilan blog profesional itu penting untuk menghilangkan kesan blog-gratisan.
    Maju terus mas brouw, terima kasih.

    BalasHapus